Personal Grooming – JRP

Pada selasa kemarin, Alhamdulillah unit kantorku memberikan kesempatan untuk ikut  one day trainingnya salah satu sekolah kepribadian yang terkenal itu “John Robert Powers” hihihi… seneng banget😀, apalagi temanya yaitu Personal Grooming, udah kebayang aja bakalan diajarin cara dandan dan mempercantik diri hahaha.

Sesi pertama diisi oleh presentasi tentang apa itu etiket dan etika. Di zaman modern saat ini, bekal pengetahuan etiket seseorang dalam pergaulan itu sangat penting., karena etiket baik akan menunjang pergaulan dan gaya hidup kita di masyarakat. Etiket sendiri diartikan tata cara pergaulan yang baik antara sesama manusia. Dasar-dasar etiket meliputi bersikap ramah dan sopan pada siapa saja (tanpa melihat satus sosial ya..!), memberi perhatian pada orang lain, berusaha selalu menjaga perasaan orang, bersikap ingin membantu, memiliki rasa toleransi yang tinggi, dapat menguasai diri, dan mengendalikan emosi dalam situasi apapun. Sedangkan dasar-dasar etika adalah menjaga kebersihan dan kesehatan diri, keluwesan, kerapihan berbusana, cara berbicara, dan sopan santun.

Di sesi itu juga diajarkan cara perkenalan yang baik dan benar, cara bersalaman, apa yang sebaiknya dilakukan dan tidak baik dilakukan, cara menerima tamu, cara menghadapi atasan, etiket di telpon,  dll. banyak hal yang aku baru tau saat itu hehehe, misalnya dalam tata cara perkenalan, yang benar adalah orang lebih muda diperkenalkan kepada lebih tua, pria dikenalkan pada wanita, wanita dikenalkan kepada pria apabila pria itu orang penting atau lebih tua, wanita diperkenalkan kepada pria apabila wanita itu keluarga kita sendiri dan hindari perkenalan ditempat ramai.

Selain itu juga diajarkan etiket ketika berbicara, misalnya menggunakan humor, mampu bicara tentang banyak hal, sesuaikan diri dengan lawan bicara, berikan penjelasan sesingkatnya dan tidak bertele-tele, memperhatikan lawan bicara, memberi pujian, dan menjadi pendengar yang baik. Dan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan diantaranya tidak memotong pembicaraan orang lain, tidak membual tentang diri sendiri, tidak membicarakan penyakit dan kematian (kalo ngomongin obat penyakit boleh kali ya.. heheh :D), tidak boleh menanyakan harga barang orang lain, tidak menanyakan masalah pribadi dan tidak boleh membicarakan berita yang belum tentu kebenarannya (ngegosip donk hehe..). Yang serunya itu, instrukturnya pinter banget deh bawainnya, hampir seharian kita belajar, gak ada bosennya sama sekali. Seru abis, apalagi pake contohnya kehidupan nyata, bener-bener banyak pelajaran yang bisa diambil dari sana.

Nah, puncaknya itu menurutku ya sesi kedua. Heheh Sesi kedua setelah makan siang kita diajarin cara jalan, cara duduk  sekilas tentang table manner dan pastinya cara berdandan dan berpenampilan yang oke. Wah, seru banget deh sesi ini. Pas bagian ini, yang perempuan dan laki-laki dipisahkan. Kita juga dianjurkan untuk napas menggunakan dada, jadi perutnya ditarik kedalam, katanya ini bermanfaat sekali agar postur tubuh jadi baik dan perut gak buncit hihihi😀

Berdiri yang baik untuk perempuan adalah dengan posisi salah satu kaki agak maju dikit, dengan posisi kaki depan arah jam 12 dan yang satunya posisi jam 10. Tangan kanan diatas tangan kiri  atau sebaliknya (tergantung nyamannya aja) dengan posisi tepat di pusar (berbentuk seperti salaman, atau seperti meremas, atau seperti mangkuk). Kalau capek, kaki yang didepan dilangkahkan mundur atau yang belakang dilangkahkan maju, ganti2an aja. Dan kalau mau duduk, jangan menoleh ke kursi yang ada dibelakang. Langkahkan kaki sampai keduanya menyentuh bibir kursi.

Kalo untuk duduk, duduklah separuh kursi dulu (kalau acara tidak teralalu lama), dengan tangan menyilang diatas paha dengan posisi kaki Kaki lurus, dirapatkan, boleh serong kiri atau kanan, dan jika disilangkan posisi kedua kaki harus searah. Pokoknya udah serasa peragawati deh😀

Pas bagian penampilan, aku kebagian kena koreksi deh😀. Katanya kerudungku sih sudah oke pakai warna merah sesuai baju. Tapi model baju yang aku pakai malah membuat aku terlihat lebih gemuk hahaha… jadi malu deh. Terus juga katanya kalo bisa aku jangan pakai sepatu yang teplek, biar terlihat lebih tinggi😀.

Sesi terakhir yaitu sesi dandan. Kami diajarkan dasar-dasar berdandan yang benar. Kalo sesi ini hanya satu orang yang jadi modelnya. Dan yang lainnya cukup memperhatikan. Karena kalo mau lebih dalem, katanya ada kelas khusus untuk dandannya😀. Eh akhirnya aku aku kebagian juga untuk dirapihkan alisnya. Jujur aja emang aku ini dari dulu gak pernah yang namanya rapihin alis. Sekali-kalinya seumur hidup ya pas merit. Pas kemaren dirapihin ternyata pangling juga ngeliatnya heheh. Langsung deh bbm kirim foto ke si Abi hihihi narsis😀.

Yah.., training hari itu ngasih aku banyak pelajaran. Ternyata penampilan aku selama ini masih sangggaaattt biasa sekali. Aku memang termasuk orang yang gak bisa dandan dan gak suka dandan. Ke kantor ato ke kondangan paling banter pake lipstik aja. Ato sekali-kali cuma pake blush on dan maskara, itupun bisa dibilang jarrraaaang banget. Padahal si ibu gurunya bilang, kalo beliau pas ngajar para bapak-bapak, katanya rata-rata bapak-bapak itu suka mengeluhkan tentang istrinya yang gak pernah dandan kalo dirumah, cantiknya kalo mau ke kondamgan aja. Jadi kalo dirumah cukup dasteran dan rambut diuwel2, hihihi itu kan gw banggeettttt😀.  Jadi ngerasa tersindir. Hiks… jadi berpikir, kasian juga ya si Abi, udah capek kerja dikantor, jauh juga ama istri.. eh giliran pulang yang diliat cuma istri yang kucel dan bau hahahaha…, jadi maluuu… Pokoknya mau berubah…, mau dandan kalo depan si Abi, mau wangi kalo deket2 si Abi…, gak cuman pake daster aja hehehe…Pokoknya mau belajar biar lebih cantik luar dan dalam… Amin…

Oh iya bocoran dikit, kata instrukturnya, kalo kita dateng sendiri ke JRP, biaya kursusnya itu sejam bisa 3jt an loh ck..ck.. mahil juga ya. jadi ngerasa beruntung sekali dapat kesempatan ini. jadi harus dimanfaatin sebaik-baiknya nih ilmunya🙂

7 thoughts on “Personal Grooming – JRP

  1. Biaya kursusnya 3 juta???? Mahal amiiittt!!! Beruntung banget dirimu, jeng bisa ikutan kursus asik gini tanpa bayar😀

    Btw, tau gak pas lagi baca2 ini, aku sampe gak sadar mempraktekan posisi tangan saat berdiri itu…hihihi…untung lagi sendirian nih di ruangan jadi gak keliatan gilanya😀

  2. Dear Mba Dea,
    Semangat pagi…

    Salam kenal sebelumnya…:-)
    Mba seruuu banget… Seneng banget baca sharing personal grooming dari Mba Dea… Mba mau dungs jika tidak merepotkan pengen banget di share modul trainingnnya..:-)
    Kebetulan saya sedang mengembangkan soal grooming ini di kantor…pengen belajar dari mba dea…

    Terimakasih banyak sebelumnya yo Mba..:-)

    -harty-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s