Dafi dan Hobi Barunya

Kali ini pengen cerita tentang Dafi dan kegemaran barunya. Apa itu? Yup, akhir2 ini Dafi seneng banget naik odong-odong dan nonton ondel2. Buat yang gak tau, odong2 itu mirip mainan yang bisa dinaikin, pakai mesin dan untuk menggerakkannya biasanya pakai koin dan biasanya adanya di mall2 atau di timezone. Tp kalo odong2 ini sederhana saja, digerakinnya cukup pakai kaki si abangnya kayak tukang becak gitu. Bentuk odong-odong bermacam-macam, ada yang berbentuk mobil, pesawat, kuda dan binantang lainnya, motor bahkan ada odong-odong yang dibentuk menyerupai bianglala (kayak di dufan). Tarifnya pun sangat murah, seribu rupiah untuk 2 buah lagu heheh😀 murah kan?. Jadi anak-anak bisa naik di atas kuda2an kemudian menikmati mainan yang di gerakin sambil dengerin lagu anak-anak.

Nah Dafi ini sekarang lagi seneng2nya naik odong.-odong Awalnya pas kaka ipar dan ibu mertua ngajak Dafi ke pasar. Di pasarnya itu ada banyak permainan buat anak. nah selagi nunggu neneknya belanja, kaka iparku nyoba2 naikin Dafi ke odong2, eh diluar dugaan dia kesenengan dan malah gak mau turun😀. Yo wes deh ampe skr kalo ada tukang odong2 lewat pasti diberhentiin. Ataun tiap sabtu pagi pas aku libur kerja aku ajak ke pasar buat naik odong-odong. bisa sampe lima ribu dia naik hehehe. Cukup murah untuk menyenangkan anakku tercinta😀. Tapi anehnya Dafi itu gak suka kalo bentuk mainannya terbuat dari bulu. Baru disamperin aja dia langsung buang muka gitu gak mau naik hihih.., gak tau deh kenapa dia geli gitu kalo ama yang berbulu.


Kesenangan baru berikutnya adalah ondel-ondel. Di daerah tempat tinggal neneknya Dafi emang masih kental bgt budaya betawinya. Jadi sering ada segerombolan barongan mereka nyebutnya, kalo aku sih nyebutnya ondel2. Jadi mereka berkeliling kayak ngamen gitu. Kadang nerima pesanan juga. Biasanya sepuluh ribu untuk 2 lagu khas betawi. Nah biasanya kalo barongan ato ondel2 ini lewat, mertua suka manggil mereka dan pesen 2-3 lagu untuk hiburan Dafi. Dan bisa ketebak dafi tuh seneng bgt. Tangannya suka ikut2an joget sambil geleng2in kepalanya. Gayanya persis ngikutin si barongan itu. Hihii lucu bgt liatnya, padahal gak ada yg ngajarin, tapi semenjak itu, kalo Dafi denger musik apapun di rumah, pasti tangan dan kepalanya langsung goyang-goyang mirip barongan hahahah…:D bener2 lucu, cepet bener dia kalo meniru sesuatu.

yup, itulah dua diantaranya kesenengan Dafi skr. Murah meriah, tradisional bgt, dan murah pula. Jadi gak melulu Dafi di kenalkan dengan mainan2 modern. Dia harus kenal juga dengan budaya-budaya sekeliling nya yang hampir saja punah. atau mungkin bisa saja saat dia dewasa nanti, hiburan semacam itu udah gak ada lagi.

2 thoughts on “Dafi dan Hobi Barunya

  1. Wah, Dafi seneng ma odong-odong yah, Raja sampe sekarang gak pernah mau diajak naek odong-odong lho jeng, heran deh, padahal anak2 tetangga pada suka😀

    Btw, setuju jeng, anak2 perlu juga dikenalkan dengan hal-hal yang sifatnya tradisional supaya mereka juga bisa belajar mencintai kebudayaan asli daerahnya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s