Nyetir vs Melatih Kesabaran

Postingan gw kali ini mungkin agak kasar ya, hehehe tapi sepertiya sedang mewakili perasaanku skr ini yg lagi sensi dan sedikit “kesel” hehehe…

Kata orang, mengemudi mobil di Jakarta memerlukan kesabaran Extra dan bisa menjadi ujian berat bagi karir mengemudi seseorang?

Halahh kedengerannya koq lebay bgt ya, tapi ternyata bagi gw bener bgt omongan itu dan gw SANGAT setuju. Kurang lebih tiga bulan gw bawa mobil sendiri di Jakarta ini, dan gak terhitung pula berapa kali kesabaran ini diuji. Mungkin jalanan di daerah atau pelosok bisa jadi lebih menantang,  tapi bagi gw jalanan di Jakarta itu memiliki banyak tantangan. Boleh jadi jalanan itu hanyalah jalanan datar atau lurus  saja, tapi gw setuju dengan omongan seseorang kalo jakartalah tempat semua aksesoris kendaraan digunakan. Dari mulai gas (lah iya ini mah pasti hehe), kopling dan rem yg akan terus2an di injek coz bentar2 berenti krn macet, klakson, lampu dim sampe lampu jauh. Dan menurut gw, skr ini banyak bgt orang yang gemar memainkan lampu dim kepada mobil yang ada didepannya. Bagi gw sendiri, pake lampu dim itu kalo memang benar-benar perlu. Tp skr ini koq banyak bgt ya orang pake lampu dim secara tidak perlu. Dan itu sangat-sangat menyebalkan bagi gw.

Bagi gw orang yang suka ngedim mobil didepannya seolah-olah lagi ngomong gini “hey lu, minggir gw mau lewat”…

Belum lagi penggunaan klakson. coba saja liat di jalan-jalan utama Jakarta, banyak pengemudi membunyikan klakson keras-keras kalau ngerasa laju kendaraannya terganggu, kali dia ngerasa jalanan milik nenek moyangnya kali ya. Kalo gw pribadi sebisa mungkin meminimalkan penggunaan klakson kalo emang gak penting bgt. Apalagi kalo yg didepan gw itu bajaj atau pengendara motor yg bawa ibu2 atau anak kecil. Kecuali itu bajaj udah ngeselin bgt hehehe, misalnya diem lama bgt gak peduli yg dibelakangnya macet.

Belum lagi pengemudi yang gemar menghidupkan lampu jarak jauh tanpa memandang lokasi dan waktu. Mereka mungkin gak tahu, gak nyadar atau bahkan pura2 gak mau tahu kalo tindakan seperti itu dapat membahayakan pengemudi di depannya atau mengganggu pandangan.

Menurut regulasi berlalu lintas di dunia internasional, yang juga terdapat dalam UU Nomor 14 tahun 1992 tentang lalu lintas berikut peraturan pemerintah yang menyertainya, klakson dan lampu dim itu hanya boleh digunakan ketika darurat saja, dan seharusnya kita segera mematikan lampu dim atau jarak jauh ketika berpapasan dengan pengendara lain dari arah depan.

Memang sih gw juga bukan pengendara yg 100% bener2 baik dan benar. Tapi selama ini gw selalu berusaha untuk mentaati aturan yg ada. Walaupun kadang2 masih suka nyuri2 sih hehehe, kayak misal ngikutin mobil depan ikutan jalur busway hik..hik…, tp jarang bgt koq, suueerr…😀

Dibalik semua itu, memang jam terbang gw dalam hal nyetir masih dalam tahap harus banyak belajar. Sering juga ngalamin kejadian yg bener2 bikin ilfil. Kayak yg belom lama ini terjadi, sampe kenapa gw memutuskan untuk posting soal ini, karena masih kesel sama yang namanya pengendara motor (no offense ya, ini hanya ngeluarin uneg2 kekeselan aja, gw juga pengendara motor koq :D)

Kejadian di jalanan yg suka bikin gw ilfil:

  • Nyenggol motor, pernah gw beberapa kali nyenggol motor, dan guess what? Tuh pengemudi motor marah donk ama gw, menurut gw sih sebenernya bukan sepenuhnya kesalahan gw, orang dia koq yg nyelonong aja nyalip tanpa kasih sen, eh tiba2 berenti ngedadak. Tapi selama ini Alhamdulillah gak sampe berantem, biasanya pas mereka tau yg nyetir ibu2 kayak gw gini biasanya mereka langsung nyelonong aja pergi sambil ngomel2 tentunya hehehe. Tp gw selalu berusaha minta maaf koq walaupun menurut gw bukan gw yg salah hehehe…😀
  • Di senggol motor, nah ini bikin ilfil bgt, pernah beberapa kali di tabrak dan disenggol motor, dan yg bikin ilfil dia pergi gitu aja donk, tanpa ada kata maaf atau sekedar senyum, kabur gitu aja langsung ngebut bawa motornya. Dasar…
  • Macet di tanjakkan. Weedehh ini juga suka bikin ilfil. Maklum jam terbang gw belom sekaliber supir2 metromini itu, jadi biasanya kalo macet ditanjakkan pasti aja mesin mati. Hahaha… gak tau nih kelemahan gw yg sampe skr belum sembuh2 juga ya itu, feeling kopling ama gas nya belum oke. Pernah ada kejadian yg bikin sport jantung, waktu itu lagi jalan2 ke ITC Cempaka Mas, dan karena parkiran di luar penuh terpaksa deh parkir di basement 2 lantai dibawah. Pas parkir sih selamet, tapi pas pulangnya.., insiden menakutkan terjadi. Kebetulan tuh parkiran bentuknya puteran ngelingker gitu dan tanjakkannya curam pula. Lantai pertama aman, eh pas lantai 2 udah mau keluar basement ternyata macet banyak mobil mo keluar, jadilah mobil berenti persis dibelokan dan tanjakkan curam.  Pas mobil mau jalan udah bisa ditebak donk, mati tuh mesin mobil dan mobil langsung turun mundur. Coba jalan lagi, mati dan mundur lagi. Dan pastinya  semua mobil dibelakang pada nglaksonin ketakutan hahah.. dan mereka gak tahu kalo orang didalemnya udah pucet ketakutan hehehe. Untungnya gw pergi ajak adik ipar gw, jadilah gw minta tolong dia pegangin rem tangan dan gw konsentrasi ke kopling dan gas hahahaha… bener2 tuh kejadian gak akan terlupakan. Oh iya, gw sempet ngintip dari spion ternyata mobil2 dibelakang gw pada mundur semua, ketakutan ketabrak mobil gw kali ya hahahha…..

Ya itu lah sekelumit cerita gw dalam berkendaraan. Semoga masih banyak stok kesabaran dalam menghadapi pengendara lain yg ngerasa jalanan punya dia seorang. Maaf untuk orang yang ngerasa tersinggung sama omongan gw. Sekali lagi maaf, gak ada maksud apa2, Cuma ngutarakan pendapat dan curhat aja koq😀

4 thoughts on “Nyetir vs Melatih Kesabaran

  1. Kekekekek…sama, jeng, aku juga merasakan hal yang sama dengan dirimyu. Kalo di jalan aku paling salting sama motor dan angkot, soalnya suka tiba-tiba nyelip dan berhenti seenaknya😦

    Trus soal mobil lain yang suka nge-dim, kalo kata suamiku dicuekin ajah selama kita memang susah ngasih jalan sama dia. Intinya kata suami, kalo memang yang di belakang itu jago nyetir, dia bisa kok nyalip kita tanpa pake ngedim2 dan maksa kita untuk minggir😀

    Trus kalo soal mobil brenti mendadak apalagi di tanjakan. Wah, kalo yang ini lom pernah ngalamin, jeng, secara mobilku matic jadi kalo yang kayak gitu-gitu gak dipikirin lagi…xixixixi

    • wah… enaknya yang mobilnya matic, gak pernah ngerasain kayak kita yang manual. bikin keringet dingin kalo menghadap tanjakkan terus macet hehehe (buat pemula kayak diriku :D)

  2. whehheheh, suka topik ini karena aku ngalamin juga.. baru bisa nyetir mulai Juni 2009 langsung dipaksa bawa mobil ngelewatin jalur lintas sejauh 50 km tiyap hari. Masalah koordinasi gas – kopling – rem emaang udah gak jadi kendala lagi. Terasah karena terbiasa melewati jalur lintas sumatra yang isi nya cuman FUSO – Bus AKAP itu. Paling serem kalo pas naik tanjakan *u know tanjakan tarahan yang kondang itu jeng*. Serem karena banyak mobil besar yang mati mesinnya pas di tanjakan…..whoaaaaa… seyeeem deh..😉🙂
    Jadi apa dong kendala utama nya?? jelas aja NGANTUK… hahahha
    kalo udah begini, mampir ke minimarket terdekat buat beli n3scafe kaleng dingin.. andalan banget tuh.. heheheh

Leave a Reply

