Dafi & menDongeng

Dari sejak bayi Dafi itu seneng banget kalo kita sedang bercerita atau ngedongeng. Wajahnya pasti serius merhatiin kita. Hehe emang sih dia juga belom ngerti apa yg kita ceritain, tapi dengan mimik muka yang serius itu aku dan Abinya yakin kalo dia seneng dengerin apa yg kita bicarakan.

Dan yang paling rajin ngedongeng untuk Dafi siapa lagi kalo bukan Abinya. Setiap Abinya pulang ke Jakarta, kegiatan yang biasanya gak ketinggalan adalah mendongeng. Bukan hanya kalo ada dijakarta, walaupun Abinya sedang dilampung, kegiatan itu tidak pernah berhenti. Cerita biasanya berlanjut lewat telpon. Jadi telpon di loudspeaker dan Abinya ngedongeng dari jauh sana, dan lucunya, Dafi  akan serius mendergarkan ceritanya ampe selesai. Hihi.. terharu ngeliatnya. Walaupun Abinya jauh, tapi tugasnya mendongeng masih bisa dilakukan. Biasanya Abi cerita tentang Nabi2, cerita2 pahlawan ataupun cerita sikancil yang baik hati. Ini adalah foto2 yang sempet mengabadikan moment itu. Tapi sayang sekali, akhir2 ini kegiatan ngedongeng lewat telpon udah mulai jarang dilakukan. Kesibukan dan kerjaan yg menumpuk membuat Abinya udah gak sempat lagi. Jadi kepikiran gimana kalo bikin rekaman dongeng berseri pake suara Abinya aja ya, jadi sweet moment seperti itu masih akan terus bisa dilakukan. Abi.., gimana setuju kan?

Aku pernah baca kalo mendongeng itu banyak sekali manfaatnya. Pada saat mendongeng kita bisa menyampaikan pesan-pesan pendidikan, keteladanan dan kepahlawanan, dan tentu saja, itu akan memberikan wawasan yang luas pada anak kita selain juga akan menumbuhkan hubungan emosional antara anak dan orangtuanya, membangun imajinasi, membangun daya khayal dan logikanya serta tentu saja untuk ini bermanfaat untuk berbahasanya kelak. Makanya kami berdua yakin kalo mendogeng itu bukanlah kegiatan yang sia-sia atau buang2 waktu, tapi sebaliknya ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat buat anak kita.

Untuk mendukung kegiatan ini, kami beli buku2 cerita, soft book dan juga boneka tangan dan boneka jari agar kegiatan mendongeng ini lebih menarik lagi. Semoga kamu gak bosan ya nak dengan cerita2 berikutnya…

4 thoughts on “Dafi & menDongeng

  1. lucunya dafi, serius liatin abinya, hehehe. Betul bun, mendongen itu salah satu cara utk menanamkan kebaikan pada anak. Aku dan ayahnya shishil juga suka bacain buku cerita bergambar utk shishil. Malah tiap liat bukunya, shishil langsung minta bacain sm ayahnya / bundanya, ehehehe

    • hehe.., iya betul dongeng bisa jadi sarana pembelajaran buat anak. Wah… shishil udah besarnya pasti jadi anak pintar nih karena dari kecil aja udah seneng minta dibacain buku. Makasih Bun udah sering maen2 kesini🙂

  2. Sebelumnya, pengen komen dulu ah, ngeliat Abinya Dafi dalam versi udah bapak-bapak, ternyata jadi terlihat beda yah, hehe….

    Setuju banget jeng, mendongeng itu berguna banget untuk anak-anak. Tar kalo Dafi udah mulai bisa ngomong, liat deh, pasti dia bakal pura-pura baca buku dan gantian mendongeng untuk kita😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s