Growth Spurt

Beberapa hari belakangan ini rasanya ada yang berubah dari Dafi. Pertama, sekarang dia lebih sering bangun kalo tidur malem hanya untuk mimi cucu. Bener2 deh udah 3 harian ini bisa setiap sejam sekali dia bangunin aku. Biasanya paling hanya bangun sekali atau dua kali aja, tp skr? wuihh.. sering bgt. Yang kedua, tidur siangnya sebentar2. Awalnya aku pikir karena manja aja karena aku ada dirumah gak pergi ngantor, ternyata menurut laporan orang rumah memang belakangan ini tidur siangnya sebentar bgt, jadi dia tidur selama ada botol susu dimulutnya, giliran susu abis & botol kosong, ya sudah dia langsung bangun lagi. Jadi gak lebih dari 10 menit dia tidur siang setiap sesinya.

Jadi kepikiran, apa ini yang namanya Growth Spurt? Aku sendiri denger istilah ini gara2 baca tweet nya seorang temen di twitter. Jadi keingetan deh sama anak sendiri. Apa iya Dafi lagi mengalami yang namanya Growth Spurt ini atau pertumbuhan cepat?

Seperti apa sih Growth Spurt itu? Ini dia rangkuman hasil browsing dari beberapa sumber.

Growth spurt merupakan salah satu bagian penting dari perkembangan normal bayi. Semua bayi, baik bayi ASI maupun yang minum susu formula pasti mengalami growth spurt.

Sederhananya gini, growth spurt itu adalah terjadinya perubahan pola tidur dan pola menyusui bayi akibat adanya perkembangan yang signifikan baik pada jasmani, otak, maupun pada gerakan motoriknya, seperti misalnya bayi yang akan mulai tengkurep dan sebaliknya, merangkak, berjalan, dsb. Biasanya terjadi selama hari-hari awal usia bayi dan sekitar 7 sampai 10 hari, 2-3 minggu, 4-6 minggu, 3 bulan, 4 bulan, 6 bulan dan kurang lebih pada usia 9 bulan. Ini bisa bervariasi pada setiap bayi.

Nah, karena terjadi pertumbuhan yang meningkat, maka ia membutuhkan ASI/susu yang lebih banyak dari hari-hari biasanya. Growth spurt biasanya hanya terjadi selama 2-3 hari namun terkadang juga baru berakhir setelah seminggu.

Biasanya, tanda-tandanya berupa pola tidur bayi berubah. Yang biasanya tidurnya nyenyak dan ada jadwal yang tetap, ini akan menjadi sedikit kacau atau putus2 tidurnya.

kedua, Bayi menjadi lebih sering minta minum susu, karena bayi yang sedang mengalami growth spurt memang cenderung untuk lapar terus menerus dan menjadi sedikit manja. Makanya jadi sering banget minta susu. Yang awalnya mungkin mimik tiap 2 atau 3 jam sekali, pada masa growth spurt bisa jadi tiap jam. Jadi ya ibunya tentu akan sedikit capek pada masa bayi kita mengalami growth spurt.

Yang ketiga, biasanya bayi  menjadi lebih rewel. Sepertinya ini akibat dari tidur yang kurang nyenyak karena terputus-putus itu dan perutnya yang lapar terus, sehingga ga heran kalo bayi menjadi sedikit lebih rewel dari biasanya

Ya.., semua tanda2 itu memang terjadi pada Dafi beberapa hari ini. Mimik susu yang meningkat signifikan, maunya digendong terus, tidur bentar2 baik siang ataupun malem. Yang jelas sih perasaanku, sekarang kalo gendong dia udah gak kuat lama2, tambah berat euy.. ., tinggal nunggu aja nih, kepintaran apa yang akan kamu tunjukkan nak?

 

2 thoughts on “Growth Spurt

  1. iya tuh bun, kayaknya semua anak akan mengalami hal itu, shishil juga dulu gitu, neneeeennn terus ga berhenti2. Matanya merem tapi nyedot terus, giliran dicopot eh dia bangun, tapi alhamdulillah cuma siang aja, malam tetep nyenyak tidurnya. Adek dafi mo bisa duduk kali bun, hehehe… sehat selalu ya dek dafi… kiss kiss dari ka shishil

  2. Hohohohoho…gak sabar nih nungguin cerita ttg kepintaran baru Dafi😀

    Mmg sih katanya baby dalam masa growth spurt kayak gitu, suka gak tenang bobonya karena alam pikirannya dipenuhi oleh kepintaran baru..hihihi…mungkin mereka lagi mencari-cari cara yang paling efektif dan efisien untuk melakukan kepintaran baru mereka itu kali’ yah…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s