Batpil…[lagi]

Hiks.., pulang dari mudik kemaren Dafi batuk pilek lagi. sebenernya dari sebelum berangkat di udah bersin2 terus. Aku pikir paling alergi debu aja, karena kebetulan beberapa hari sebelum lebaran seisi rumah rame dengan beres2 dan bebenah rumah. Pas di skbmi idung dafi mulai meler2 keluar ingus, tapi masih skala kecil. aku pikir, ya palingan karena cuaca di skbmi emang dingin. Tapi pas pulang ke Depok ternyata pilek dan batuknya menjadi. hiks.. ini kedua kalinya Dafi kena batpil. yang pertama dulu malah sampe inhalasi segala.

Abinya udah maksa2 aja untu kedokter, tp aku pikir belum perlu lah, lagian suhu tubuhnya juga gak tinggi koq, anget2 dikit gak sampe lebih dari 38c. maaf ya nak, bukan Bunda pelit, tapi justru Bunda ingin ngelindungin kamu dengan tidak sedikit2 dokter. biarkan tubuh kamu melawan virusnya sendiri. tapi tentu saja Bunda juga punya perhitungan, kapan waktunya emang perlu ke dokter.

 

Tapi Alhamdulillah, gak lebih dari 3 hari batpilnya mulai berkurang, malahan pileknya udah gak ada sama sekali, tinggal batuknya aja sekali2 itupun jarang bgt. Dafi nya juga masih ceria aja koq, palingan dia bete2 dikit aja gitu kalo pas mau bobok idungnya mampet hehe.., kalo udah gitu biasanya dia maunya tengkurep boboknya. cara pengobatan sederhana yg Bunda dapetin dari hasil browsing2 dan tanya2 ke mbah google ternyata berhasil juga. emang apa sih terapinya:
  • sebelum tidur Bunda oleskan transpulmin BB ke dada, perut, leher dan punggung Dafi.
  • Bunda taroin air panas yg diteteskan kayu putih di kamar, dan tentu aja AC nya bunda kecilin ampe 27c. setiap Airnya mulai dingin Bunda ganti lagi, gitu aja seterusnya. emang agak ribet dikit, tapi gpp demi kamu nak.
  • untuk ngurangin idung mampetnya Bunda tetesin breathy
  • setiap pagi dijemur matahari. dibolak-balik badannya.
  • setiap 3 jam sekali punggung dafi ditepuk2. kalo ini resep dari DSA nya pas dafi batuk kemaren. jadi dafi ditengkurepin di bantal. kepalanya agak kebawah. terus Pnggungnya ditepuk2 pakai telapak tangan yg di tekuk (inget telapak tangannya jangan dilebarkan, nanti kesakitan anaknya). Dokter kasi irama tepukannya 3 kali yaitu pelan-pelan-keras. begitu seterusnya. katanya ini berfungsi untuk membuang dahak ditubuhnya.
Dalam 2 hari Bunda lakukan terapi ini, batpil Dafi berkurang. malah skr bisa dibilang udah sembuh. Alhamdulillah ya nak, jadi memang saat ini belum perlu dokter ya sayang.. ;) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s