Melbourne Trip ~ bag.1

Sebenernya perjalanan ke Australia ini udah sekitar 2 bulan lalu, tepatnya tgl 31 Agustus kemaren, tapi baru sempet skr nih cerita nya. Yup.. akhirnya aku ngerasain juga rasanya pergi keluar negeri ..hehhe norak bgt ya gw, kebetulan gw dikasi kesempatan dari kantor untuk mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Australian APEC Study Centre kerja sama dengan MRIT University di Melbourne.

Owkey, kali ini aku mau berbagi cerita tentang Berbagai Persiapan PENTING Menjelang Keberangkatan, mulai dari mengurus Dokumen sampai gimana disana.

1. Paspor
karena gw blom pernah pergi keluar negeri, so gw blom punya paspor juga. Berhubung gw pergi dalam rangka dinas (PNS, red), so gw bikinnya paspor biru yaitu paspor untuk Warga Negara Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri dalam rangka dinas bukan diplomatik. kebetulan untuk paspor ini ada orang yang ngurusin dari kantor, jadi gw cuman kasi dokumen yang diperlukan aja kayak fotocopy KTP, Foto, dan Surat Asli dari untuk Sekretaris Kabinet dari Sekretaris Jenderal Departemen Perdagangan sebagai surat ijin keluar negeri sekaligus ntuk buat paspor biru nya.

2. Visa
Visa adalah surat ijin masuk ke negara orang. Ada beberapa negara yang gak perlu pake visa, yaitu negara-negara ASEAN, kecuali Myanmar. Ngurus visa bisa dilakukan di kedutaan besar atau konsulat negara-negara bersangkutan. Kalo sudah diapprove, Visa ini akan ditempel di paspor kita. Kebetulan lagi, VISA nya diurusin juga ma orang dari kantor hehe.. enaknya, gw tau beres. Persyaratannya cuman invitation letter dari pihak penyelenggara pelatihan dan formulir yang harus gw isi. Kebetulan Visa untuk ke Australia ini kmrn gw kena biaya cuman 150 rb, coz gw pake paspor hijau, kalo normal sih kayaknya sekitar 1 jutaan gitu deh.

3. Persiapan Bahan Pelatihan
Setelah dokumen semua selesai, gw mulai cari2 bahan pelatihan nanti disana. Jangan sampe ntar bengon sendiri coz gak ngeri tentang topik yang dibahas. Akhirnya gw tanya2 sama mbah google tentang NAMA lebih banyak lago ) kebetulan tema pelatihannya “Policy Options to Promote Reform in Non Agricultural Market Access (NAMA) in an Era of Falling Demand, Rising Protectionism and Economic Uncertainty”, wekeke.. keren bgt ya judulnya hehe..
Oh iya, sebelum kita sampe disana, semua peserta harus sudah mengirimkan bahan untuk presentasi perwakilan setiap negara yang akan dilaksanakan di hari kedua. Kebetulan dari Indonesia ada 5 orang, gw & Adrian dari Depdag, dua orang dari Menko dan 1 orang dari CSIS. jadi kita bagi2 tugas untuk bahan presentasi.

4. Persiapan Perlengkapan Pribadi
Sudah menjadi kebiasaan gw (kebiasaan yang baik menurut gw heheh..) kalo mau bepergian jauh pasti dari jauh hari udah bikin check list perlengkapan untuk dibawa.
Dari surat undangan panitia pelatihan, gw tau kalo saat itu di Austrlia sedang musim semi, jadi ya masih cukup dingin kira2 10-21 derajat celcius setiap harinya. Coz gw gak punya jaket tebel, secara gitu loh di Jakarta panas begini mana punya jaket tebel, so gw cuman bawa jaket seadanya aja, daripada beli juga cuman kepake bentar hehhe..ga mau rugi bgt.

Owkey.., setelah baju2 dan perlengkapan pribadi lainnya selesai gak lupa bawa colokan listrik. Coz biasanya standar colokkan setiap negara beda2. Jadi sebelum brkt pastikan dulu model colokkan yang ada disana, jangan sampe baru nyadar kalo dah nyampe disana.

Oh iya, beberapa hari menjelang keberangkatan gw baru ngurus bikin NPWP wakakaka…, memalukan sekali ya gw gak punya NPWP, hari ginihhh ga punya NPWP, apa kata DUNIA hahaha…sebenernya sih udah dari dulu gw mau bikin, tapi kata orang kantor ga usah coz suami udah punya jadi kita istri gak wajib. Tapi pas gw pikir2 daripada ntar gw disuruh bayar fiskal, mana skr bayar fiskal 2 juta lagi kan mending bikin aja biar bebas fiskal hehehe….

To be continued…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s