Domestic Price Stabilization

.
Dua hari kemaren aku ikut kursus tentang ”Domestic Price Stabilization”, yang intinya sih ngebahas tentang apa itu instabilitas harga, faktor-faktor yang menyebabkan harga itu tidak stabil atau fluktuasi, terus bagaimana cara-cara mengukur tingkat instabilias itu, dan terakhir kebijakan apa saja yang bisa diambil pemerintah berkaitan dengan instabilitas harga tersebut.

Instabilitas harga dapat diartikan sebagai suatu kondisi dimana terjadi fluktuasi atau variasi harga yang sangat berlebihan dari suatu komoditi. Instabilitas tidak selalu berdampak negatif, instabilitas yang wajar juga dibutuhkan dalam rangka untuk mengkoreksi pasar. Instabilitas yang berlebihan akan berdampak negatif, seperti misalnya terjadinya misalokasi sumberdaya dan inefisiensi produksi, inefisiensi konsumsi (seperti menabung untuk melindungi diri), instabilitas ekonomi makro (khususnya harga komoditas strategis dan tentu saja ini akan berpengaruh terhadap nilai tukar dan inflasi) serta bertambahnya kemiskinan, kelaparan, bahkan gejolak sosial.

Nah sekarang penyebabnya nih, kira-kira apa aja sih penyebab dari instabilitas harga itu?

tentu masih inget donk ini pelajaran ekonomi semester 1 nih, kira-kira penyebabnya adalah :

.
dari sisi permintaan, seperti adanya perubahan selesar konsumen, perubahan income, munculnya produk subtitusi atau komplemen, hari raya atau tahun baru serta ekspektasi konsumen.
.
dari sisi penawaran, seperti adanya perubahan iklim khususnya untuk produk pertanian, gangguan sistem produksi ataupun adanya teknologi baru misalnya dalam bibit, inupt dan cara produksi.
.
distribusi, sistem logistik seperti infrastruktur jalan, telkom, pergudangan ataupun sistem transportasi.
.
kebijakan domestik, adanya kebijakan yang dikeluarkan pemerintah yang dapat mempengaruhi domestik seperti kebijakan tarif impor dan bea keluar, quota impor dan ekspor, subsidi, stok peerintah maupun kebijakan yang bersifat maksro baik fiskal maupun moneter seperti nilai tukar, suku bunga dan APBN.
dan pasar internasional, seperti harga produk, harga produk terkait misalnya harga input seperti BBM, nilai tukar dan adanya para spekulan.
Setelah kita tahu apa aja penyebab nya, skr apa aja sih pendekatan yang dapat digunakan untuk mengukur instabilitas harga tersebut, diantaranya: Ragam atau Variance, Standar Deviasi, Koefisien Keragaman (CV), Rasio Harga, Moving Average serta Pengukuran Trend dengan menggunakan Regresi model.
.
Dan yang terakhir terkait dengan Kebijakan. Kebijakan stabilisasi harga bertujuan untuk mengendalikan instabilitas harga dan meminimalkan dampak dari instabilitas tersebut. Dalam mengendalikan harga tersebut, ada dua intervensi yang dilakukan pemerinta, yaitu :
.
1. Intervensi langsung, yaitu kebijakan dengan dampak umumnya lebih pendek, seperti :
..Harga Dasar dan Harga Referen, banyak diterapkan dinegara maju ketika terjadi harga rendah untuk melindungi produsen.
..Harga Eceran Tertinggi, banyak diterapkan dinegara berkembang yang bertujuan untuk melindungi konsumen karena harga terlalu tinggi
..Buffer Stock, merupakan gabungan dari Ceiling Price, Floor Price dan Price band, yaitu dengan menyimpan ketika stok berlebih dan mengeluarkan komoditi tersebut ketika sedang.langka.
..Pengaturan variable import/export tariff.
..Pengaturan Kuota Impor.
.
2. Intervensi tidak Langsung, seperti perbaikan infrastruktur, pasar Lelang Future, Resi Gudang, dan Asuransi.
.
dan untuk meminimalkan dampak instabilitas bisa berupa Operasi pasar yang ditujukan untuk kelompok masyarakat paling menderita akibat instabilitas harga serta Subsidi Langsung ke masyarakat yang paling menderita akibat instabilitas harga tersebut seperti Raskin, subsidi minyak goreng dan bahan bakar.

2 thoughts on “Domestic Price Stabilization

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s