Global Trade Analysis Project (GTAP)

3 hari kemaren tanggal 14-15 hari kemaren aku dapat tugas dari kantor untuk ikut pelatihan GTAP yang diadakan oleh litbang kerjasama dengan ITAP. Dulu pas kuliah di MPKP pernah belajar juga sih tentang model ini, tapi dulu belajarnya gak serius, jadi lupa2 inget deh. Padahal seru juga kayaknya kalo tesis ku kemaren pake model ini.

Emang apa sih GTAP itu? Model GTAP merupakan model keseimbangan umum (CGE) yang menfokuskan pada aspek perdagangan internasional dengan tidak mengesampingkan ekonomi mikro dan makro dari negara-negara di dunia. Jadi penekanan GTAP terletak pada keterkaitan perekonomian secara keseluruhan. GTAP ini banyak digunakan untuk menganalis suatu kebijakan yang berkaitan dengan suatu perjanjian perdagangan baik bilateral, regional misalnya APEC ataupun perjanjian dunia seperti WTO. Dengan GTAP ini akan dianalisis keuntungan atau kerugian jika kesepakatan tersebut dilaksanakan. Dan tentu saja ada satu program aplikasi komputer yang dapat digunakan untuk memudahkan pengolahan datanya.

Closure merupakan pengklasifikasian variabel-variable didalam model menjadi variable endogen atau eksogen. Variabel endogen merupakan variabel yag ditentukan oleh model, sedangkan eksogen ditentukan diluar model. Oleh karena itu, variabel-variabel ini dapat menjadi shock ekonomi/kebijakan. Closure ini tentunya harus memiliki sense matematika dan ekonomi. Dengan closure kita dapat menukar variable didalam model.

.
Ntar aku sambung lagi ya, belom aku rangkum nih hasil kursus nya…, keburu capek… hehehe

6 thoughts on “Global Trade Analysis Project (GTAP)

  1. iya nih bisa minta tolong dijelasin dong ada modulnya ngga mba GTAP nya ? di Indonesia ada kursusnya ngga ya ? bales email ya mba makasih

    • Modulnya ada, tapi harus dicari dulu karena udah lama banget sih kursusnya. Kebetulan yang ngadain kursus kantor, jadi kurang tau juga deh ada apa gak institusi yang ngadain kursus ini secara umum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s