TV Plasma VS TV LCD

Ehm.., badewei ngapain koq ngomongin soal TV Des…, apa udah beralih jadi makelar atau sales TV wakaka… gak lah…, iseng2 aja aku browsing2 soal TV ini. Sebenernya alesan pokoknya sih aku lagi ngerayu my huby untuk beliin tv baru, tapi pengen yang LCD atau Plasma… ck..ck..ck.. ya ampun des…, banyak bgt sih mintanya, hehehe, sebenernya iseng aja sih bilang, Abi beli TV plasma donk?? Eh tanggapannya malah positif, ya sud… mulailah aku bergerilya mencari-cari artikel soal TV ini.. hehehe…

Dari hasil pencarian skr Aku baru tau, ternyata TV Plasma dan TC LCD itu berbeda, kirain aku sama aja coz sama2 berlayar datar.

Kalau dilihat sekilas dari bentuknya sih kedua jenis TV ini hampir sama persis, tap kalo dah diliat secara ukuran, harga dan juga output yang dihasilkan dari kedua jenis TV ini beda banget lahhh. Brarti apa nya nih des yang beda.., ehmmm tentu aja tekonologi nya yang berbeda.

Katanya nih kalo Plasma TV terdiri dari 2 pelat kaca yang diisi oleh ratusan bahkan ribuan sel yang berisi gas. Sel-sel ini berisikan gas neon dan dilapisi oleh fosfor sehingga membuat mereka seperti lampu neon mini. Masing2 sel plasma tersebut dapat diberi tenaga listrik agar melepaskan photon ultraviolet. Photon-photon ini lah yang menyebabkan fosfor yang melapisi sel tersebut berubah warna. Dengan menghidupkan dan mematikan sel-sel ini pada saat dan rangkaian yang tepat setiap 1/1000 detik, gambar terbentuk. Sebenarnya, tiap sel terdiri oleh 3 sel yang masing masing memberikan warna merah, hijau dan biru. Dengan mengkombinasikan warna2 itulah tercipta gambar.

Nah.., trus gimana dengan LCD TV. Katanya seh pixel pada LCD TV tidak memberikan cahaya sendiri. Ada sebuah Kristal cair terperangkap dalam 2 lembar kaca dan seluruhnya disinari oleh cahaya yang datang dari belakang. Memvariasikan arus listrik yang datang dari belakang mengontrol seberapa besar cahaya yang menerangi masing2 pixel tersebut.

Nah skr, apa aja sih istilah2 dalam fitur TV macam ginih, ini dia yang harus kita ngerti kalo pengen beli TV kayak ginih, wajib tau, setidaknya biar kita gak ketipu gitchu..

Viewing angle
Nih maksudnya sampai sudut berapa derajat gambar dari layar lcd masih dapat terlihat dgn baik tanpa terjadi gradasi warna atau tidak dapat dilihat sama sekali coz katanya pada lcd model jadul kalo diliat dari samping LCD kadang terjadi gradasi warna atau cuma keliatan warna putih doang alias gak ada gambar

Resolusi
Kalo nyang ini menunjukkan jumlah pixel/garis horizontal dikali jumlah pixel/garis vertikal, coz gambar di LCD mrpk kumpulan pixel yg membentuk gambar, semakin banyak akan semakin halus.

Aspect ratio
Ini adalah perbandingan antara lebar dengan tinggi lcd yg ditunjukan oleh resolusi lcd, contoh misal pada Widescreen biasanya 16:9/16:10, non widescreen 3:4/4:5 jadi res 1280×720/1366×768/1920×1080=16:9. coba aja misal ambil angka depan-nya(1280/1366/1920) dibagi 16 terus kali 9 bakal dapet angka belakang(720/768/1080)

Inch
Kalo ini pasti dah pada tau kan?? Ni merupakan ukuran diagonal layar LCD dalam satuan inchi(sekitar 2.6cm)

Nah skr apa artinya LD, SD,HD READY, FULL HD?? coba aja jalan2 liat2 TV model begini, pasti nemuin istilah kayak gitu. Emang apaan tuh??

LD (low Definition) untuk resolusi dibawah 480p antara 320-380 x 240-320 standar untuk VCD/SVCD

SD (standar definition) untuk resolusi 480p, resolusi standar 720×480, standar untuk gambar kelas DVD original

HD ready untuk 720p = resolusi standar 1280×720/1366×768, standar gambar DivX berada diantara SD dan full HD

Full HD untuk 1080p = resolusi standar 1920×1080, standar gambar HD-DVD dan Bluray

cukup dulu ya Informasi nya kapan2 disambung lagi deh, aku mau cari tau dulu apa itu HD ready dan Full HD, soalnya denger2, percuma kita punyaTV yang Full HD soalnya akan nganggur coz belom ada siaran TV lokal yang memakai format High Definition. Kalo mau ditontonnya maksimal ya harus nonton tayangan TV luar alias pake TV kabel yang pada udah pake format High Definition.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s