The Kite Runner

Inilah salah satu novel favoritku, novel membuatku menangis terharu… hiks..hiks.. cengeng amat sih Des!!! hehehe, bener-bener novel yang menggugah rasa kemanusian.

Buku ini menceritakan tentang kisah persahabatn dua lelaki yang berbeda kasta, seorang anak majikan yang seorang pasthun (kasta tinggi) dan anak pembantu yang seorang hazara (kasta rendah), dengan setting pada masa perang Afghanistan di bawah kekejaman Russia dan Taliban.

Amir dan Hasan, dua anak pemain dan pengejar layang-layang yang hebat. Hassan si anak pembantu selalu setia dan siap membela majikannya Amir dari gerombolan anak nakal pimpinan Assef. Tetapi amir tidak bisa berbuat yang sama untuk Hassan. Sampe suatu kejadian yang membuatnya dilema, antara menolong Hassan atau membiarkan hal itu terjadi, dan dia bisa mendapatkan kasih sayang ayahnya yang selama ini kurang bangga padanya.

“Aku memiliki satu kesempatan terakhir untuk mengambil keputusan,
Untuk menentukan apa jadinya diriku.
Aku bisa melangkah memasuki gang itu,
Membela Hassan dan menerima apapun yang mungkin menimpaku.
Atau aku bisa melarikan diri.
Akhirnya, aku melarikan diri.”

Dan, pilihan itu membuat Amir merasa bersalah dan membuat ia berusaha menjauhkan Hassan darinya. Hasaan memang pergi namun perasaan bersalah itu tidak begitu saja pergi dari benak Amir. Setelah dewasa dan sudah meninggalkan Afganistan-pun memori itu harus terbuka kembali ketika kerabatnya di sana menghubunginya dan memintanya untuk kembali ke Kabul, Afganistan.

Over all, aku sangat tersentuh banget pas baca novel ini, sampe2 air mata gak berhenti2.. hehehe lebay bgt sih Des.., tapi beneran lho…, sedih banget!!!, apalagi pas cerita yang Hassan pergi dari rumah Amir.

Tapi pas Nonton film nya.., aga sedikit kecewa sih, di film kurang bisa tergambarkan hubungan persahabatan yang indah antara Hassan dan Amir, begitu juga antara Baba dan Amir. Apalagi secara nyari nih DVD lumayan susah gitcuu loh.., puter2 akhirnya dapet juga di Disctarra Depok. Tapi cukup puas lah daripada nonton film atau sinetron yang ceritanya terlalu lebay dan mengada2 itu…, pokoknya salutlah buat The Kite Runner…., buat sang Novelis Khaled Hosseini dan Paramount Picture yang memproduksi film ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s