Skip to content

Operasi App – Usus Buntu

November 4, 2011

Hari Kamis minggu kemarin (27Oktober), saya menjalani operasi App atau usus buntu, untung cepat ketahuan… karena kalau terlambat, bisa pecah dan jadi operasi besar. Kejadiannya bener2 diluar dugaan, karena selama ini aku juga gak tau kalo aku ada infeksi di usus. Seingatku, selama hamil ini udah berusaha banget menjauhi makanan yang terlalu pedas, gurih dan asam.

Hari itu kebetulan aku sedang ambil cuti tahunan. Aku pikir sebelum cuti hamil, jatah cuti tahunan harus dihabiskan dulu biar gak hangus, heheh gak mau rugi bgt :D . jadi seminggu itu dari hari sabtu, aku, Dafi dan ditemenin kakak ipar perempuan tinggal di rumah Depok. Pas Rabu malemya sekitar abis magrib aku ngerasa sakit perut yang bener2 dahsyat. Beneran aku berpikir itu adalah kontraksi, karena rasanya kurang lebih sama hanya lebih berasa di bagian perut sebelah kanan. Aku berusaha tenang, karena memang belum ada flek juga. Tapi yang aku heranin kenapa koq rasa sakitnya gak ilang2, gak sama kayak kontraksi yang rutin setiap beberapa menit sekali. Sampe jam 10an malem rasa sakit gak ilang tapi malah semakin parah sampai gak kuat untuk gerak sama sekali. Si Abi yang lagi di lampung juga udah nelponin sodara2 di Jkt untuk datang ke Depok. Bener2 saat itu aku menyesal kenapa gak kenal dekat sama tetangga2 deket rumah. Begini gak enaknya kalo perumahan cluster, kadang sama tetangga kiri kanan cuman tau namanya aja. Saat itu janji deh besok2 harus kenal akrab sama tetangga :D . Akhirnya telpon satpam minta dicarikan taksi. Mungkin karena sudah malam juga jadi agak susah pak satpam cari taksinya. Akhirnya aku putuskan nelpon temen sekantorku, mba Yati yang kebetulan rumahnya satu komplek tapi beda cluster untuk minta tolong dicarikan taksi. Alhamdulillah gak lama taksi datang. Sempet hampir ga sadarkan diri saking pusingnya dan mulai muntah2 juga. Yang ada dipikiran saat itu aku Akan melahirkan.

Selama ini aku kontrol kehamilan di Jakarta, jadi agak bingung juga memutuskan mau ke RS mana. Mau ke Jakarta aku takut keburu lahir dijalan. Akhirnya aku putuskan ke Hermina Depok aja. Sampe di Hermina aku langsung dibawa ke ruang bersalin dan langsung disuruh ganti baju. Pas di cek ternyata susternya bilang belom ada kontraksi yang terlalu kuat. Masih aman-aman aja. Sempet kesel juga, orang aku beneran sakit koq mereka gak percaya. Setelah dicari2 sumber sakitnya itu, dokter jaga curiga kayaknya ini usus buntu. Di tes darah saat itu juga dan ternyata beneran aja darahku sudah terinfeksi karena usus buntu itu. Sebenernya untuk memastikan pasti tidaknya usus buntu harus di scan menggunakan alat kedalam perut, tp berhubung aku lagi hamil jadi tidak bisa dilakukan. So, kesimpulan hanya dari tes darah dan fisik luar saja. Dokter jaga nyaranin aku untuk operasi pagi harinya jam 6. Aku kaget, gak nyangka aja koq jadi begini kejadiannya. Yang aku pikirin gimana bayiku nanti kalo aku harus operasi. Sebenernya lahir pematur sudah aku antisipasi, karena riwayat hipertensiku, dr ku udah wanti2 aku siap2 di Minggu ke 34. saat itu sudah minggu ke 33.

Si Abi gak kalah paniknya disana. dari nada suaranya aku tau persis dia nyesel kenapa gak ada disampingku saat itu. Dia terus2an berkomunikasi dengan dokter jaga tentang kondisiku dan kemungkinan kalo aku harus operasi. Akhirnya si Abi merayuku agar mau operasi pagi itu juga. Mengingat pengaruhnya ke bayi jika operasi ini ditunda. Awalnya aku gak mau, aku berpikir dokter kandunganku harus tau dulu sebelum aku memutuskan operasi. Gak lama si Abi kasi kabar kalo dia berhasil menghubungi dr Oni dan konsultasi mengenai hal ini. Dr Oni setuju dan menyarankan memang aku harus operasi, tetapi aku harus dapat suntikan pematangan paru2 janin dulu untuk jaga2. Setelah aku setuju, aku juga minta didatangkan dulu dr kandungan di hermina agar aku bisa konsultasi. Sekitar pukul setengah 3 pagi, dr. Nelwati salah satu spog di situ datang dan memeriksa kondisi bayiku. Dari hasil usg si adek emang udah cukup bb nya udah sekitar 2,6 kg. tapi secara umur, paru-parunya masih belum matang untuk dilahirkan saat itu berbarengan dengan operasi appnya. Jadi dr nel gak mau kalo aku harus melahirkan bayi saat itu juga. Dr nel juga meyakinkan bahwa tidak apa2 dilakukan operasi selagi hamil, malah akan lebih bahaya kalo aku menundanya. Dr nel juga bilang kalo sebelum operasi aku akan di suntik pencegah kontraksi dan suntuik pematangan paru2 buat janin. Oke. akhirnya aku mantap untuk operasi paginya.

 Besok paginya, sekitar jam 8an aku masuk ruang operasi. Orangtuaku dari sukabumi udah datang sejak jam 6 pagi. Menurut dokternya, perkiraan operasi berjalan sekitar 1 jam. Ternyata operasi baru selesai setelah lebih dari 2 jam. Dari cerita2 akhirnya aku tau ternyata operasi berjalan agak sulit. Jadi dokter sempet kesulitan karena bagian ususnya sudah tertutup semua oleh bayi. Jadilah hasil operasinya lebih besar dari seharusnya. Karena katanya sempat beberapa kali harus pindah tempat. Tapi Alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Keluar dari ruang operasi ternyata temen-temen kantor udah pada datang. Gak lama si Abi juga datang. Sekarang tinggal pemulihan untuk bersiap menghadapi operasi selanjutnya. Mengeluarkan adek ke dunia. Semoga semunya berjalan lancar dan selamat ya Allah.. Amin.

11 Comments leave one →
  1. November 4, 2011 7:23 PM

    Teh Deaaaaaaaaaa…..ya ampun aku baca ini sambil terburu-buru ga sabar pengen tau emang bisa oprasi app selagi hamil. Ya Allah…subhanallah…alhamdulillah…semuanya berjalan lancar ya teh… Iya, kebayang banget lah gmn paniknya Abi Dafi tau kondisi istrinya saat itu. Btw, salut sama ketenangannya selama sebelum dan selama menjalani oprasi ini… Semoga oprasi kelahiran adiknya Dafi juga lancar ya teh, amin……
    Btw, gmn kabarnya Dafi? udah lama ga baca ceritanya….
    Salam sayang ya Bun buat Dafi….:)

    • November 8, 2011 1:13 PM

      Iya Neng Ain, belom sempet nulis2 tentang Dafi lagi. padahal yang pengen diceritain banyak heheh…

      Amin.., makasih ya :)

  2. November 4, 2011 9:34 PM

    Seneng bisa baca cerita ini dan tau kalo dirimu baik baik aja jeung..
    Agak kaget dan ngerii pas baca status bbm si abi nya Dafi,,
    Semoga cepat pulih, smoga Allah beri kelancaran, kemudahan, kekuatan, kesabaran dan kesehatan buat menjalani operasi untuk melahirkan si Adek..

  3. November 7, 2011 7:53 AM

    ya ampyunnnnnnn

    jantungan bacanya….

    Puji Tuhan semua selamat
    top markotop buat dr.Nel yang siap buat konsultasi jam 3, begitu juga dr.Oni yang bisa konsult via tlp
    aq slalu pilih dr yang bisa diajak diskusi kalo sok ngatur en kepinteran ya lewat aza lah….dulu malah aq dikomentari dr obgyn q kebanyakan baca buku :)

    tenang….tenang…dan tenang buat persiapan dd nya dafi

    • November 8, 2011 1:17 PM

      Iya mom, emang dr Oni itu dr favorit di Jkt. tapi ya itu, antriannya gak nahannn. Tp orang tetep aja koq bela2in. Pasien2 skr kan udah pada pinter milih dokter hehehe, jd kalo dokter gak enak, tinggalin aja hihihhi :D

  4. November 7, 2011 3:27 PM

    Seneng banget Dea tau kalo dirimu baik-baik aja, kemarin itu sempet kaget pas denger kabar kamu operasi App. Aku juga waktu SMA kelas 3 pernah menjalani operasi yang sama jadi sedikit banyak aku tau gimana sakitnya kalo pas sakitnya kambuh. Jadi kebayang apalagi dirimu yang lagi hamil gitu :(

    Tapi sekali lagi, seneeenngg banget denger dirimu baek2 aja.

    Kalo udah mo lahiran nanti, jangan lupa kabar2in diriku yaaahh.. Sehat2 terus ya Dea :)

  5. Estika Badry permalink
    November 8, 2011 5:39 AM

    Alhamdulillah lancar oprasinya, baru kali ini aku nemuin oprasi app pas lg hamil,
    Smga sehat trs y mbk ampe mlahirkan

  6. November 8, 2011 1:19 PM

    Iya Alhamdulillah semuanya dilancarkan. Amin.. Maksih ya mba tika :)

  7. November 10, 2011 9:20 AM

    gimana bun? sorry aku baru tau BundaDafi operasi app..skr gimana kondisinya?
    Alhamdulillah operasinya lancar ya Bun..babynya jg semoga sehat terus sampai lahir nanti.
    btw gmn kabar Dafi?
    sun sayang ya buat Dafi :)

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

